15 Kata-Kata Sedih Bahasa Arab dan Artinya [+Gambar]

Manusia di dalam kehidupan ini akan selalu diuji oleh Allah -ta'ala-. Dengan ujian kebaikan Allah ingin mengetahui siapa hamba-hambanya yang bersyukur, dan dengan musibah Allah ingin mengetahui siapa hamba-hambanya yang bersabar.

Dan kehidupan manusia akan selalu beredar di antara dua hal tersebut. Terkadang ia di atas, dan di lain waktu berada di bawah. Nikmat dan kebaikan harus disyukuri, dan keburukan atau musibah menuntuk kesabaran yang ekstra, dan jiwa yang kuat untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan.

Karena Allah tidak akan menguji, melainkan apa yang hamba mampu untuk melaluinya. Dan ujian merupakan tanda kecintaan Allah terhadap hamba-Nya, jadi jangan pernah berkecil hati apalagi berputus asa. Insyaallah setiap kesulitan akan mendatangkan kemudahan, dan yakinlah dengan itu.

Pembaca sekalian, di bawah ini saya sajikan beberapa ungkapan kalimat kesedihan dalam bahasa Arab. Semoga bisa menjadi pelipur Anda yang sedang dirundung duka dan kesedihan.
kata-kata bahasa arab sedih
1#
عَجَبًا لِـهَذِهِ الدُّنْيَا تَـجْمَعُنَا وَنَـحْنُ لَا نَعْرِفُ بَعْضَنَا ، وَتَفَرَّقْنَا وَقُلُوبُنَا مُتَعَلِّقَةٌ بِبَعْضٍ

Sungguh ajaib dunia ini, kita berkumpul tanpa mengenal satu sama lain, kemudian berpisah sementara hati ini saling bertaut.
2#
هَلْ لِلوَدَاعِ مَكَانٌ أَمْ أَنَّهُ سَفِيْنَةٌ بِلَا شِرَاعٍ

Apakah bagi perpisahan tempat berlabuh, ataukah ia hanya perahu tanpa layar?
3#
الفِرَاقُ كَالـحُبِّ تَعْجَزُ الـحُرُوْفِ عَنْ وَصْفِهِ

Perpisahan layaknya cinta, huruf-huruf tak mampu mensifatinya/ menggambarkannya.
4#
مُوْجِعٌ أَنْ تَتَصَنَّعَ التَّجَاهُلَ ، وَقَلْبَكَ يَتَأَلَّـمُ بِصَمْتٍ

Sakit adalah saat engkau pura-pura bodoh, sedangkan hatimu tersakiti oleh bungkam.
5#
الفِرَاقُ نَارٌ لَيْسَ لَـهَا حُدُوْدٌ ، لَا يَشْعُرُ بِهِ إِلَّا مَنْ اكْتَوَى بِنَارِهِ

Perpisahan adalah api yang tak memiliki batas, tak dapat merasakannya kecuali yang telah terpanggang panasnya.
kata kata bahasa arab sedih singkat
6#
أَصْعَبُ أَنْوَاعِ الـمُقَاوَمَةِ عِنْدَمَا تَكُوْنُ لَدَيْكَ رَغْبَةً بِالبُكَاءِ وَلَكَنَّكَ تَبْتَسِمُ لِتَحِمِيَ كِبْـرِيَائِكَ

Perlawanan yang paling sulit dilakukan adalah saat kau sangat ingin menangis, namun engkau tersenyum demi melindungi keangkuhanmu.
7#
يَقْتُلُنِي النَّدَمُ كُلَّمَا تَذَكَّرْتُ كَلِمَاتٍ قُلْتُهَا لِشَخْصٍ لَا يَسْتَحِقُّ

Penyesalan membunuhku tiap kali aku mengingat kata-kata yang pernah kuucapkan ke orang yang tak berhak menerimanya.
8#
الفِرَاقُ لِسَانُهُ الدُّمُوْعُ ، وَحَدِيْثُهُ الصَّمْتُ ، وَنَظَرُهُ يـَجُوْبُ السَّمَاءَ

Perpisahan itu lidahnya adalah air mata, bicaranya berupa diam, dan pandangannya menjelajah cakrawala.
9#
أَيَـجِبُ أَنْ أَمُوتَ فِـي غِيَابِكِ اخْتِنَاقًا ، لِتُدْرِكِي أَنَّكِ هَوَائِي الَّذِي أَتَنَفَّسُهُ

Apakah aku harus mati tercekik saat kau pergi, agar kau tahu bahwa kau layaknya udara yang kuhirup.
10#
الوَجَعُ لَا يَـحتَاجُ إِلَى حَدِيْثٍ طَوِيلٍ ؛ أحْيَانًا تَكُوْنُ نَبْـرَةَ الصَّوْتِ نِصْفَ الكَلَامِ

Rasa sakit tak butuh banyak ungkapan; Terkadang desah keluhan merupakan separuh perkataan.
kata kata bahasa arab sedih dan artinya
11#
لَا تَضَعْ كُلَّ أَحْلَامِكَ فِي شَخْصٍ وَاحِدٍ ، وَلَا تَـجْعَلْ رِحْلَةَ عُمُرِكَ وِجْهَةَ شَخْصٍ تُـحِبُّهُ مَهْمَا كَانَتْ صِفَاتُهُ ؛ وَلَا تَعْتَقِدْ أَنَّ نِـهَايَةَ الأَشْيَاءِ هِيَ نِـهَايَةُ العَالَـمِ ، فَلَيْسَ الكَوْنُ هُوَ مَا تَرَى عَيْنَاكَ

Jangan limpahkan semua mimpimu pada satu orang, jangan jadikan perjalanan hidupmu demi seseorang yang kau cintai kendati buruk sifatnya. Dan jangan pernah meyakini bahwa berakhirnya suatu hal adalah kiamat, karena dunia tidak sesederhana yang dilihat matamu.
12#
الفِرَاقُ هُوَ القَاتِلُ الصَّامِتُ ، وَالقَاهِرُ الـمَيِّتُ ، وَالـجُرْحُ الَّذِي لَا يَبْـرَأُ ، وَالدَّاءُ الـحَامِلُ لِدَوَائِهِ

Perpisahan adalah pembunuh dalam diam, penakluk tanpa nyawa, luka yang tak dapat disembuhkan, dan penyakit yang membawa penawar.
13#
مِنَ الـمُؤْسِفِ حَقًّا أَنْ تَبْحَثَ عَنِ الصِّدْقِ فِي عَصْرِ الـخِيَانَةِ ، وَتَبْحَثُ عَنِ الـحُبِّ فِي قُلُوْبٍ جَبَّانَةٍ

Ironis saat kamu mencari kejujuran di masa khianat, dan mencari cinta di hati pengecut.
14#
بَعْدَ الفِرَاقِ أَصْبَحَ كُلُّ شَيْءٍ بَطِيْئًا ، أَصْبَحَتِ الدَّقَائِقُ وَالسَّاعَاتُ حَارِقَةً ، وَأَصْبَحْتُ أَكْتَوِي فِـي ثَوَانِيْهَا

Setelah perpisahan, segala sesuatu berjalan begitu lambat, hitungan detik dan jam menjadi tak normal, dan aku terpanggang dalam menit-menitnya.
15#
مَا أَصْعَبَ أَنْ تَبْكِيَ بِلَا دُمُوْعٍ ، وَمَا أَصْعَبَ أَنْ تَذْهَبَ بِلَا رُجُوْعٍ ، وَمَا أَصْعَبَ أَنْ تَشْعُرَ بِضِيْقٍ ، وَكَأَنَّ الـمَكَانَ مِنْ حَوْلِكَ يَضِيْقُ

Betapa sulitnya menangis tanpa air mata, betapa susahnya pergi tanpa kembali lagi, betapa beratnya merasa sempit, seakan semua tempat di sekitarmu menghimpit.
Itulah beberapa ungkapan kata-kata kesedihan berbahasa Arab beserta terjemahannya. Semoga Allah angkat segala kesedihan Anda dan menggantikannya dengan kebahagiaan yang hakiki. Mohon maaf, dan terima kasih telah berkunjungan dan membaca.