Contoh Surat Pribadi Bahasa Arab Untuk Teman dan Artinya

Surat menyurat merupakan salah satu sarana komunikasi yang digunakan oleh manusia dari zaman dahulu sampai sekarang. Dahulu surat menyurat ditulis di atas secarik kertas, dan dikirim melalui kantor pos. Butuh waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk bisa sampai di tempat tujuan.

Lalu seiring dengan perkembangan zaman, surat konvensional berubah menjadi e-mail (electronic mail) saat internet mulai ramai digunakan oleh banyak orang. Surat yang ditulis sekarang, dalam hitungan detik akan bisa sampai di alamat yang dituju dalam waktu yang bersamaan.

Dan sekarang kegiatan itu sepertinya sudah mulai ditinggalkan. Seiring dengan berkembangnya aplikasi berbasis Android berupa instant messaging seperti Telegram, Whatsapp, dan lain-lain. Akhirnya aktifitas surat menyurat hanya tersisa pada kegiatan administratif yang bersifat resmi.

surat pribadi bahasa arab
Namun jika dilihat dari kacamata prespektif pendidikan dan pembelajaran, melatih siswa untuk menulis surat bukanlah hal yang salah. Dan ini berlaku untuk pelajaran bahasa apapun, baik Indonesia, Inggris, maupun bahasa Arab. 

Dan sebagai guru bahasa Arab, saya beberapa kali memberi tugas kepada murid-murid untuk menulis surat guna mengasah kemampuan mereka dalam merangkai kata dan kalimat dalam bahasa Arab, atau yang sering disebut ta'bir.

Di sini saya ingin menyajikan kepada pembaca sekalian contoh surat pribadi dalam bahasa Arab. Surat ini ditulis di atas bus yang membawa saya dari Jonggol menuju Jakarta. Selamat membaca dan semoga hasilnya tidak mengecewakan Anda.
العُنَيْزَةُ فِي يَوْمِ الجُمُعَةِ ٢٠ رَجَب ١٤٤٠هـ

صَدِيْقِي العَزِيْزُ أَحْمَد حَسَن

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

أَتَمَنَّى لَكَ دَوَامَ الصِّحَّةِ وَالعَافِيَةِ عَلَى الطَّاعَةِ . أَكْتُبُ لَكَ هَذِهِ الرِّسَالَةَ فِي أَيَّامِ الاِمْتِحَانَاتِ ، وَأَرْجُوْكَ أَنْ تَدْعُوَ اللهَ لِي بِالتَّوْفِيْقِ وَالنَّجَاحِ . وَأُخْبِرُكَ بِأَنَّهُ سَتَكُوْنُ بَعْدَهَا إِجَازَةٌ صَيْفِيَّةٌ لِمُدَّةِ ثَلَاثَةِ أَشْهُرٍ بِإِذْنِ اللهِ . وَلَقَدْ وَضَعْتُ خُطَّةً لِهَذِهِ الإِجَازَةِ الطَّوِيْلَةِ ، وَمِنْهَا أَنِّي سَأَقْضِي بَعْضَهَا لِلعُمْرَةِ فِي مَكَّةَ الـمُكَرَّمَةِ وَبَعْضَهَا فِي زِيَارَةِ بَلَدِكَ إِنْدُوْنِيْسِيَا يَا صَدِيْقِي

لَقَدْ كَانَ تَوَاصُلُنَا عَبْرَ الرَّسَائِلِ البَرِيْدِيَّةِ ، وَإِنَّنِي لَفِي شَوْقٍ وَلَهْفَةٍ لِأَلْقَاكَ وَأَرَاكَ بِأُمِّي عَيْنِي ، وَلِأَسْتَمْتِعَ بِطَبِيْعَةِ بَلَدِكَ الجَمِيْلِ وَمَنَاظِرِهِ الرَّائِعَةِ بَعْدَ أَنْ كَانَتْ أَخْبَارًا تُقْرَأُ . وَلِذَا أَحْبَبْتُ أَنْ أَزُوْرَكَ فِي هَذِهِ الإِجَازَةِ الـمُقْبِلَةِ . فَمَا تَرَى ؟

وَلِذَا أَرْجُوْكَ أَنْ تَرُدَّ هَذِهِ الرِّسَالَةَ حِيْنَ وَصَلَتْكَ فِي أَسْرَعِ وَقْتٍ مُمْكِنٍ وَتُسْعِفَنِي بِمَعْلُوْمَاتٍ أَحْتَاجُ إِلَيْهَا قَبْلَ سَفَرِي ، وَالسَّلَامُ

أَخُوْكَ الـمُخْلِصُ
زَيْنُ الدِّيْنِ عَبْدُ السَّلَامِ

العُنْوَانُ : الـمَمْلَكَةِ العَرَبِيَّةِ السُّعُوْدِيَّةِ
العُنَيْزَة - حَيُّ الأَمَانِ ص . ب : ٣٠١٢

Artinya:

Unaizah di hari Jum’at 20 Rajab 1440H

Temanku yang mulia Ahmad Hasan

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Aku berharap kamu selalu sehat walafiat dalam ketaatan. Aku menulis kepadamu surat ini di hari-hari ujian, dan aku memohon supaya kamu berkenan berdoa kepada Allah demi kemudahan dan kelulusanku. Dan aku memberitahumu bahwa setelah ini akan ada liburan musim panas selama tiga bulan dengan izin Allah. Dan aku telah membuat rencana untuk liburan panjang ini, di antaranya aku akan mengisi sebagiannya untuk umrah di kota Mekkah Al Mukarramah, dan sebagaiannya lagi untuk mengunjungi negaramu Indonesia wahai temanku.

(Kita tahu bahwa) komunikasi kita selama ini hanya melalui surat menyurat, dan sungguh aku sangat kangen dan rindu untuk dapat bertemu dan melihatmu secara langsung, dan aku pun ingin menikmati cuaca negaramu yang bagus, dan pemandangannya yang indah setelah selama ini hanya berupa berita-berita yang dibaca. Oleh karenanya aku sangat ingin mengunjungimu pada liburan yang akan datang ini. Bagaimana pendapatmu?

Oleh karenanya aku berharap engkau dapat membalas surat ini sesampainya secepat mungkin, serta membekaliku dengan berbagai informasi yang aku butuhkan sebelum kepergianku, wassalaam

Saudaramu yang tulus
Zainuddin Abdussalam

Alamat: Kerajaan Saudi Arabia
Unaizah  - Komplek Al Aman – P.O. Box : 3012
Bagaimana, apakah suratnya bagus atau tidak? Jika Anda mendapati kesalahan, jangan ragu-ragu untuk menegur saya. Demikian, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Dan terima kasih telah membaca.
Latest